Deretan Teater Tradisional Terbaik yang Ada di Jawa Timur, yang Wajib Kalian Ketahui!

Terater merupakan salah satu jenis kesenian yang berupa sebuah pertunjukan yang dipentaskan di atas panggung. Dimana seni teater ini menjadi sebuah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerakan, tari, maupun nyanyain yang disajikan secara lengkap dengan dialog dan akting para pemain yang mempesona. Teater ini diartikan secara luas dan sempit. Dimana seni taetr ini merupakan seluruh adegan akting dan peran yang dipetunjukkan di atas panggung yang ada di depan penonton, seperti ketopak, wayang, sintren, dagelan akting dan juga peran yang dipertunjukan di atas panggung yang ada di bagian depan para penonton. Penasaran dengan daftar teater terbaik yang ada di Jawa Timur? Langsung saja simaknya berikut ini.

Teater Terpopuler di Jawa Timur

1. Ludruk

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu teater tradisional yang dibawakan untuk menghibur huyonan yang menceitakan sesuai dengan masyarakat saat ini, Lakon dalam pentas ludruk ini juga tengah mengambil hal kekinian yang menggunakan guyonan dan bahasa khas Jawa Timur. Teater tradisional ini hanya digunakan untuk menonton pentas-pentas dan dinimkamti melalui ludruk yang terkenal di wilayah Surabaya dan Jombang.

2. Wayang Topeng

Selanjutnya adalah salah satu teater tardisional yang populer di Malang dan berawal dari kerajaan Kanjuruhan yang ada di kota Malang. Pertunjukan wayang ini juga tengah dipengaruhi oleh budaya India seperti ramayana, dan juga mahabarata. Lakon pertunjukan wayang ini juga dipengaruhi dengan cerita panji, sejarah kerajaan Jenggala dan juga Kediri. Properti ini menggunakan topeng dengan ciri khas Malang dengan karakter wajah tpeng yang lebih tampak dengan warna yang mencolok. Pertunjukan wayang ini diiringi dnegan gendhingan, tarian, dan juga dalang yang memimpin jalannya sebuah cerita.

3. Topeng Dhalang

Teater tradisional sati ini hampirserupa dnegan wayang topeng yang terkenal di Madura. Dimana wayang ini diperankan oleh orang yang tenagh mengenakan topeng. Dimana sebagian besar dialog ini dibawakan oleh dalang, wayag ini tidak berbiacara melainkan sebagaina besar dialog dibawakan oleh dalang. Wanag tidak berbicara ini diperankan sebagai Samar. Dimana bagian bawah mulut topeng terdapat celah yang terdiri dari dua versi, yaitu versi Kalianget dan juga Salopeng.

4. Jek Dong

Jek Dong merupakan wayang kulit khas Jawa Timur yang kalian kenal sebagai wayang kulit di budaya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dimana wayang ini sedikit berbeda daripada wayang lainnya. Warna yang lebih mencoloj dan dibawakan pada wayang ini menunjukkan karakter yang keras dan ceplas ceplos khas Jawa Timuran. Lakon ini dibawakan seperti pagelaran wayang kulit yang ada pada umumnya, yaitu punakawan, dan juga ramayana. Dimana dalang yang cukup terkenal, yaitu Ki Anom Surono, Ki Didik Sasmito Aji dan Ki dalang Sutirto.

Nah itu dia keberagaman yang ada di sebuah daerah yang kaya akan budaya, termasuk di Jawa Timur. Dimana budaya ini mengandung unsur seni maupun nilai moral yang lebih mendidil. Budaya ini juga ada susah turun temurun, tetaopi bisa luntur terkikis jaman apabil tidak diestarikan. Teater tradisional yang ada di atas ini sudah bisa dikemas untuk membuat menarik perhatian para generasi muda yang ada di Indonesia, Hal ini berguna untuk mencipatakan rasa cinta mereka terhadap budaya Indonesia. Demikian informasi ini kami sampaikan, terima kasih.