Jepang menjadi salah satu negara yang ikut ambil peran dalam sejarah pembentukan seni teater di Asia. Salah satu jenis theater mereka yang sangat terkenal sejak tahun 1603 adalah Kabuki.

Para pemeran teater Kabuki menggunakan baju khas Jepang, dengan latar belakang panggung alam Jepang yang sudah dilukis. Dan menggunakan instrumen musik yang dimainka juga dengan alat musik tradisional tua Jepang.

Sejarah Kabuki Teater Jepang Sejak 1603

Awalnya kesenian ini pertama kali dibawakan oleh seorang wanita Jepang bernama Okuni di kuil Kitano Temmangu, Kyoto. Kemungkinan besar Okuni adalah seorang miko asal kuil Izumo Taisha, tetapi mungkin juga seorang kawaramono (sebutan menghina buat orang kasta rendah yang tinggal di tepi sungai).

Perempuan Jepang dulu pada tahun 1200 sudah sering melakukan latihan menari di dekat sebuah air terjun. Dimana tarian Kabuki akan digunakan untuk mengisi acara kerajaan dan hadiah bagi wilayah Jepang yang menang setelah berperang.

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kabuki Asal Jepang

Jepang memiliki Kabuki, sebuah terater tradisional yang bukan hanya memiliki pertunjukkan yang unik dan bagus, tapi juga memiliki sejarah yang menarik banyak ilmuan untuk menelusuri perkembangannya hingga sekarang.

Okuni wanita pertama yang memperkenalkan teater Kabuki kepada masyarakat Jepang, selalu berpenampilan mencolok seperti laki-laki dan bertingkah laku tidak wajar, seperti orang aneh kabukimono, sehingga lahirlah suatu bentuk kesenian garda depan avant garde.

Sejarah Kabuki Asal Jepang

Pada 1603, Okuni mementaskan kabuki pertamanya dengan sekelompok wanita. Hanya sekitar 30 tahun kemudian, kontroversi sekitar bentuk seni baru ini ahkirnya membesar sehingga Keshogunan mengambil tindakan, melarang keras aktris wanita dari seni pertunjukan karena kekhawatiran umum tentang moral dan ketidaksenonohan.

Pertunjukan Kabuki biasanya sangat panjang, meskipun versi singkatnya sering ditampilkan di panggung terbuka, di kota-kota pedesaan, selama bulan-bulan musim panas. Tokyo dan institusi-institusi serupa di Nagoya dan Osaka menampilkan pertunjukan ini secara rutin.

Demikianlah informasi yang telah kami sajikan tentang sejarah teater kabuki, jangan lupa juga untuk membaca informasi tentang Theater Broadway. Terimakasih untuk waktu yang telah Anda luangkan, dan nantikan selalu informasi yang akan kami sajikan dari sumber terbaik untuk kalian.