Deretan Seni Pertunjukan Teater Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang bervariasi, penuh warna, dan juga keanekaragaman. Dimana telah terbentang luasnya yang hampir 2 kilometer persegi, Indonesia merupakan kumpulan berbagai pulau yang menjadi rumah ratusan ras yang beragam, mulai dari pulau Jawa yang padat, hingga banyaknya pulau yang memiliki keindahan yang eksotis. Selain intu Indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya. Nah, kali in kami akan menjelaskan seputar pertunjukan seni di Indonesia yang wajib kalian ketahui.

Seni Teater Terbaik yang Ada di Indonesia

1. Lenong

Kesenian teater tradisional yang pertaman ini dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta, yaitu ibukota Indonesia. Kesenian ini sendiri diiringi musik gambang kromong dengan menggunakan alat musik, layaknya gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dna sebagainya. Lakon atau skenario dalam seni pertunjukan ini biasanya mengandung pesan moral yang dapat diambil oleh para penonton, dimana kita dapat menolong yang lemah, membenti kerakusan, dan juga perbuatan yang tercela. Bahasa ini digunakan dalam sebuah lenong ialah bahasa Indonesia dengan dialek menggunakan Betawi.

2. Mamanda

Selanjutnya adalah seni teater atau pementasan tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Mamanda ini lebih mirip dengan lenong dari segi hubungan yang terjalin antara pemain dengan penonton. Dimana interaksi ini dibuat oleh penonton menjadi aktif menaympaikan komentar lucu yang disinyalir sehingga membuatnya menjadi lebih hidup, biasanya latar yang digunakan adalah latar kerajaan.

3. Ludruk

Ludruk adalah suatu drama tradisional yang diperagakan sebuah grup kesenian pada sebauh panggung dengan menggunakan alur cerita seputar kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan lainnya yang diselingi dengan lawakan yang diiringi dengan gamelan sebagai musik.

4. Wayang Golek

Daftar lainnya adalah seni teater yang merupakan seni tradisional Sunda pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu (golek), terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan. Daerah penyebarannya sendiri terbentang luas dari Cirebon pada sebelah Timur hingga wilayah Banten di sebelah Barat, bahkan di daerah Jawa Tengah berbatasan dengan jawa Barat yang sering dipertunjukkan sebuah penampilan wayang golek.

5. Wayang kulit

Berikutnya adalah kesenian yang berasal dari Jawa Barat, yang mana asik dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi seorang narator dialog tokoh-tokoh wayang dengan diiringi musik gamelan yang dimainkan oleh sekelompok nayaga dan juga tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden yang ada. Wayang kulit di balik kelir ini yaitu layar yang terbuat dari kain putih yang disorotkan dengan lampu listrik atau lampu minyak sehingga penonton berada di sisi lain dari layar yang dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir.

6. Reog

Dan yang terakhir adalah kesenian asal jawa Timur yang terkenal dengan sebutan Reog. Dimana reog ini adalah salah satu kesenian pertunjukan yang berasal dari Jawa Timur bagian Barat Laut dan Ponorogo yang dianggap sebagai kota asal Reog sebenarnya. Gerbang ini juga telah dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dimana dua sosok ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan.

Nah itu dia 6 daftar seni pertunjukan teater budaya asal Indonesia yang sudah populer dengan berbagai penampilannya. Sekian informasi ini kami sampaikan, jenis pertunjukan mana yang kalian sukai? Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian mengenai budaya yang ada di Indonesia.